Resep Kue Onde-onde Kacang Ijo Spesial Enak

Resep Kue Onde-onde Kacang Ijo Spesial Enak - Masyarakat Indonesia pasti tahu dengan kue yang satu ini, yaitu onde-onde. Kue yang terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan ini sudah terkenal dan sangat populer di kalangan orang-orang Cina baik yang berada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri. Di Indonesia sendiri daerah yang terkenal dengan sebutan kota onde-onde adalah daerah Mojokerto, Jawa Tengah.

Kue onde-onde yang biasa kita buat yaitu onde-onde yang berbahan dasar tepung ketan yang di dalamnya berisi pasta kacang ijo (baca: hijau). Onde-onde ini biasanya di jajakan di pasar-pasar tradisional dan juga di tempat orang jual gorengan yang berada di pinggir jalan. Namun jangan khawatir, dengan membaca resep onde-onde dan cara membuat onde-onde berikut, kini anda bisa buat sendiri di rumah.


Resep Kue, Kue Onde-onde, cara membuat onde-onde enak
Kue Onde-onde

Resep cara membuat onde-onde kacang ijo enak


Bahan-bahan :
  • 200 gr kacang ijo, kupas kulit, rendam 1 jam
  • 1 lbr daun pandan
  • 150 gr gula pasir
  • 250 gr tepung ketan
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gr tepung sagu
  • 100 gr wijen, cuci, tiriskan, jemur hingga kering
  • 175 ml santan hangat
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat onde-onde kacang ijo :

  1. Rebus kacang hijau hingga matang, kemudian haluskan kacang hijau yang sudah di rebus. Setelah di haluskan, campur kacang hijau dengan daun pandan dan gula pasir.
  2. Setelah itu panaskan campuran kacang hijau, gula pasir dan daun pandan tadi dengan api yang tidak terlalu besar, aduk-aduk, kemudian bentuk adonan menjadi bulat bola, sisihkan.
  3. Campur tepung sagu, tepung ketan, dan garam secara merata. Sambil di aduk-aduk tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni menggunakan tangan hingga adonan bisa di bentuk.
  4. Ambil sebagain adonan, bentuk sesuai ukuran adonan bulat kacang hijau. Bulatkan dan kemudian pipihkan, beri adonan isi kacang hijau, tutup dan bentuk bulat kembali.
  5. Gulingkan adonan yang sudah di bentuk bulat tadi ke dalam wijen. Sisihkan.
  6. Siapkan minyak panas dengan api yang sedang, goreng adonan yang sebelumnya telah di gulingkan di wijen hingga mengapung dan berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan, lalu sajiakan.

Baik, itulah sedikit resep kue onde-onde kacang ijo spesial enak. Kini anda bisa membuat sendiri di rumah dan bisa anda hidangkan untuk kue lebaran nanti. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments