Resep Cara Membuat Kue Rengginang Sukasari Khas Sukabumi

Resep Kue Rengginang Sukasari Enak - Salah satu jenis kerupuk yang satu ini bentuknya tebal yang terbuat dari beras ketan atau nasi yang sebelumya sudah di keringkan yaitu dengan cara di masukkan ke dalam oven atau lebih sederhana dijemur di bawah terik sinar matahari yang kemudian di goreng dengan minyak yang panas dengan volume yang tidak sedikit, itulah sekilas tentang cara membuat kue kering yang sekarang hanya bisa anda temukan di kampung-kampung yaitu rengginang.

Rengginang di daerah Jawa Tengah di kenal dengan sebutan Intip, yaitu kerak nasi sehabis menanak yang biasanya melekat di dandang yang kemudian cara membuatnya sama persis dengan rengginang yaitu di jemur kemudian di goreng. Namun, walaupun cara membuat kue kering yang satu ini sama tetapi ada perbedaan yaitu dari ukurannya. Rengginang berukuran kecil sedangkan intip ukurannya lebih besar.

Selain cara membuat kue kering yang satu ini mudah, juga tidak repot. Karena dapat di goreng tanpa dicampur dengan bumbu maupun rasa, manis, dan asin. Nah, bagi anda yang mau mencoba membuat kue kering yang satu ini silahkan bisa di lihat resep cara membuat kue rengginang sukasari khas sukabumi yang dijamin enak dan gurih.


Resep Cara Membuat Kue Rengginang Sukasari Khas Sukabumi
Rengginang Sukasari Khas Sukabumi

Resep cara membuat kue rengginang sukasari khas Sukabumi enak


Bahan-bahan :
  • 250 gr beras ketan, cuci bersih, rendam selama 1 jam dalam air, cuci bersih kembali
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air

Bumbu halus :
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat kue rengginang sukasari :

  1. Kukus beras ketan yang sudah dibersihkan sebelumnya selama 15 menit. Angkat sishkan.
  2. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan, gula pasir, garam, dan air. Kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan beras ketan yang sudah di kukus tadi, aduk-aduk hingga bumbu meresap. Angkat.
  3. Kukus beras ketan yang sudah di beri bumbu selama 30 menit sampai matang. Angkat.
  4. Siapkan cetakkan, bentuk adonan sesuai selera anda. Kemudian letakkan di tampah. Jemur, dan jangan lupa untuk membalik sisi yang lainnya agar keringnya merata.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng adonan rengginang yang sudah dijemur kering di atas minyak sampai matang. Angkat. Sajikan.


Gurih dan cocok untuk anda sajikan bersama nasi atau sebagai pengganti kerupuk. Itulah resep cara membuat kue rengginang sukasari yang khas dari Sukabumi yang bisa Resep Masakan Indonesia sajikan untuk anda. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments