Resep Kue Klepon Tepung Beras Ketan Enak

Resep Kue Klepon Tepung Beras Ketan Enak - Kue klepon atau kelepon merupakan salah satu jenis kue tradisional atau makanan tradisional. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan dengan bentuk kue bulat seperti bola, berisi gula merah dan berbalut kelapa parut yang akan menggoda lidah anda. Biasanya kue klepon di bungkus dengan menggunakan daun pisang, sehingga ini akan menambah cita rasa dari kue klepon menjadi enak dan khas tentunya.

Di beberapa daerah di Indonesia, kue klepon sangat populer, namun di Sumatera kue klepon di sebut dengan "Onde-onde". Sehingga dari perbedaan ini menyebabkan kekeliruan dalam mengartikan kue klepon dengan kue onde-onde. Sedangkan di Jawa misalnya, kue onde-onde berbeda dengan kue klepon. Tapi, walaupun berbeda semuanya sama-sama enak rasanya. Berikut resep kue klepon tepung beras ketan.


Resep kue, kue klepon enak, cara membuat klepon
Kue Klepon Enak


Resep cara membuat kue klepon tepung beras ketan


Bahan-bahan :
  • 250 gr tepung beras ketan
  • 50 gr tepung beras
  • 2 sdt air kapur
  • 1 st pasta pandan
  • 275 ml air matang
  • 1/2 butir kelapa, parut
  • 200 gr gula merah, iris halus
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat kue klepon tepung beras :

  1. Campurkan tepung beras dan tepung ketan, aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan air kapur sirih, pasta pandan, dan air matang sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk, hingga adonan bisa di bentuk.
  3. Ambil adonan dengan ukuran satu sendok makan. Kemudian pipihkan, dengan tengah adonan cekung, lalu isi dengan gula merah yang sudah di iris lembut. Bikin bentuk bulat seperti bola. Dan lakukan hingga adonan tak tersisa.
  4. Didihkan air, masukkan adonan yang sudah di bentuk bulat. Biarkan hingga adonan mengapung, ambil adonan yang mengapung, tandanya sudah matang, lalu tiriskan.
  5. Dan cara terakhir yaitu campur kelapa parut, garam, dan daun pandan lalu kukus selama 10 menit. Angkat dan sisihkan.
  6. Sajikan klepon dengan taburan kelapa parut di atasnya. 

Mantaps.. rasanya yang manis dan kenyal-kenyal serta wangi daun pandan dijamin anda pasti suka. Silahkan di coba sendiri di rumah resep kue klepon tepung beras. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments