Resep Kue Donat Kentang Spesial Empuk

Resep Kue Donat Kentang Spesial Empuk - Kue yang satu ini terkenal akan rasanya yang manis dan kuenya yang empuk serta lembut. Dengan berbagai macam jenis dan bentuk, tak heran kue donat kini sudah banyak digemari dari berbagai kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Donat berbeda dengan bolu.

Kue donat biasanya berbahan dasar dari tepung terigu, namun pada postingan kali ini admin ResepBuntik akan memberikan resep kue donat yang berbahan tepung terigu dan dikombinasikan dengan kentang. Bagaimana rasanya? tentu akan berbeda rasanya dan donat kentang ini akan lebih empuk dibanding donat yang berbahan dasar tepung terigu tanpa campuran kentang. Dengan sedikit meluangkan waktu anda, di tambah dengan ketekunan dan kesabaran, dijamin donat kentang yang anda bikin akan lebih spesial untuk hidangan di rumah. Berikut resep kue donat kentang spesial empuk.


Resep donat kentang empuk, resep donat kentang spesial, cara membuat donat kentang empuk spesial
Donat Kentang Spesial Empuk

Resep cara membuat kue donat kentang spesial empuk


Bahan-bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 200 gr kentang, kukus, haluskan
  • 11 gr ragi instant
  • 50 gr susu bubuk
  • 100 gr gula pasir
  • 100 ml air dingin
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 75 gr mentega
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kue donat kentang :

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instant, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan kentang yang sudah di haluskan, air dingin, dan kuning telur, aduk-aduk kembali hingga rata.
  3. Tambahkan garam dan mentega, aduk-aduk hingga adonan menjadi elastis. Diamkan adonan selama 15 menit.
  4. Ambil sebagian adonan sebanyak 50 gram, bentuk adonan menjadi bulat, begitu seterusnya hingga adnan habis. Adonan yang sudah berbentuk bulat lalu diamkan selama 20 menit sampai adonan mengembang.
  5. Sambil menunggu dan membuat adonan menjadi bulat dan mengembang, panaskan minyak goreng.
  6. Ambil adonan yang sudah bulat dan mengembang, lubangi adonan tepat di tengahnya, sehingga menjadi bentuk donat. Kemudian goreng hingga donat berwarna keemasan.
  7. Angkat dan tiriskan, taburi dengan gula donat, atau hiasai dengan cokelat atau  apa saja sesuai selera anda. Sajikan.

Sedikit tips, agar tekstur donat lebih lembut gunakan blender saat menghaluskan kentang. Itulah sedikit resep kue donat kentang spesial empuk. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments