Resep Cara Membuat Kacang Bawang Renyah

Resep Cara Membuat Kacang Bawang Renyah - Kacang tanah adalah salah satu tanaman sejenis polong-polongan yang banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Tanaman yang berasal dari negara yang dikenal dengan paman sam (Amerika) ini merupakan tanaman yang terpenting kedua setelah kacang kedelai. Kacang tanah biasanya akan mengalami pemasakan atau pematangan yang terjadi di bawah permukaan tanah, hal ini agar buah yang masih muda tidak mengalami gangguan proses pematangan biji karena sinar matahari.

Kacang tanah banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya mengandung protein yang tinggi, kaya akan lemak, zat besi, kalsium dan vitamin E, vitamin B kompleks, fosforus, vitamin A dan K, kolin, dan lesitin. Kadnungan protein yang terdapat dalam kacang tanah ini jauh lebih tinggi dan baik dari telur dan daging. Biasanya kacang tanah memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga banyak di gunakan untuk membuat berbagai macam kue dan cemilan, seperti yang akan kita buat berikut.

Kacang bawang yaitu cemilan yang berbahan dasar kacang tanah yang di goreng dan dicampur dengan goreng bawang sehingga akan tercipta rasa gurih dan renyah saat di makan. Biasanya dihidangkan saat hari lebaran. Berikut resep cara membuat kacang bawang renyah.


Resep Kacang Bawang, cara membuat kacang bawang, kacang bawang lebaran, kue kering lebaran
Kacang Bawang Renyah

Resep cara membuat kacang bawang renyah


Bahan-bahan :
  • 500 gr kacang tanah, kupas kulit arinya
  • 1 sdm garam
  • 10 siung bawang putih, iris tipis
  • 400 ml air mendidih
  • 500 ml minyak goreng

Cara membuat kacang bawang :

  1. Seduh kacang tanah dengan air mendidih, kemudian taburi garam, diamkan selama 10 menit.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng bawang putih yang sudah di kupas tadi, hingga berwarna kuning kecoelatan dan harum.
  3. Setelah di seduh, angkat dan goreng kacang tanah dengan minyak, aduk-aduk hingga kacang kering, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Campur bawang putih yang sudah di goreng dan kacang yang sudah di goreng, berikut garam.
  5. Kacang bawang sudah siap untuk di sajikan.

Itulah salah satu resep cara membuat kacang bawang renyah yang bisa anda buat di rumah sendiri, dan bisa anda jadikan sebagai cemilan tamu pada hari raya nanti. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments