Resep Cara Membuat Es Kacang Hijau Segar dan Enak

Resep Cara Membuat Es Kacang Hijau Segar Dan Enak - Sahabat semua pasti sudah tahu dengan es yang satu ini, ya es ini berbahan dasar kacang hijau yang sebelumnya sudah di rebus dengan sedikit campuran santan dan gula. Sebelum kita mencatat ke resep es kacang hijau segar, sedikit admin kasih ilmu pengetahuan terlebih dahulu. Agar tidak hanya pintar di dapur, tetapi juga pintar di ilmu pengetahuan umumnya ya. :)

Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang banyak di budidaya oleh petani kita. Tumbuhan kacang hijau ini termasuk ke dalam suku Fabaceae (polong-polongan) yang memiliki banyak protein nabati yang tinggi. Kacang hijau menempati urutan ketiga tanaman pangan yang penting di Indonesia, setelah kedelai dan kacang tanah.

Selain itu, kacang hijau mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya untuk memperkuat tulang kita karena mengandung fosfor dan kalsium, untuk pertumbuhan dan vitalitas pria karena mengandung vitamin B1, mengganti sel-sel yang rusak atau mati dan membantu pertumbuhan sel karena kacang hijau mengandung multi protein, dan masih banyak manfaat kacang hijau yang lain. Bagaiamana? mau mencoba makan kacang hijau atau es kacang hijau? berikut resep cara membuat es kacang hijau yang enak dan segar.


Resep Es Kacang Hijau, cara membuat es kacang hijau, es kacang hijau
Es Kacang Hijau Campur Nangka


Resep cara membuat es kacang hijau segar


Bahan-bahan :
  • 250 ml air
  • 200 gr gula merah
  • 200 gr kacang hijau, rendam selama 2 - 3 jam ke dalam air hangat
  • 500 ml air
  • 2 lbr daun pandan
  • Daging buah nangka, potong-potong
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1/2 gelas santan kental
  • Es serut, secukupnya

Cara membuat es kacang hijau segar :

  1. Siapkan panci, rebus air dengan gula merah, aduk rata dan tunggu hingga air mendidih dan gula larut merata. Angkat kemudian saring air gula merah. Sisihkan.
  2. Rebus kacang hijau dengan air, tambahkan daun pandan agar wangi, aduk dan tunggu sampai kacang empuk. Kemudian masukkan air gula merah tadi ke dalam campuran air dan kacang hijau. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan wadah atau gelas, sajikan kacang hijau dengan santan, nangka, dan es serut atau es batu di atasnya, setelah itu beri susu kental manis. Sajikan.

Segar dan enak bukan rasanya. Dan di jamin perut anda pasti kenyang setelah makan es kacang hijau ini. Itulah informasi tentang resep cara membuat es kacang hijau segar dan enak. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments