Tips Cara Menghilangkan Pahit Pada Pare

Tips Cara Menghilangkan Pahit Pada Pare - Bagi sebagian orang, mendengar kata PARE atau PARIA mungkin kening akan langsung mengernyit, langsung membayangkan rasa pahit yang begitu terasa di tenggorokan. Misalnya di paksa untuk memakannya anda pasti akan mencoba menahan rasa pahit tidak kembali muncul saat sendawa. Salah satu olahan dari buah pare ini misalnya tumis pare ikan teri yang sudah admin bagikan resepnya di blog yang sederhana ini.

Namun, di balik rasanya yang pahit pada tanaman pare ini tersimpan banyak sekali manfaat dan khasiat yang tentu sangat baik untuk tubuh kita. Misalnya penyakit kuning, membersihkan darah kotor, malaria, melancarkan pencernaan, membunuh sel penyebab kanker, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Bagi anda yang suka sekali dengan pare dan mampu mengolah tanaman sayuran rambat ini, tentu hasilnya akan menjadi salah satu makanan yang sangat maknyoos. Alih-alih rasa pahit yang dirasakan, malah nafsu makan atau selera makan anda bertambah drastis. Rasa pahit yang selalu membayangi anda nyaris hilang.

Tips Cara Menghilangkan Pahit Pada Pare, cara menghilangkan rasa pahit pada pare
Bentuk Buah Pare

Tips cara menghilangkan rasa pahit pada pare


Walaupun rasanya yang pahit, olahan pare ini begitu banyak diminati atau disukai banyak orang. Rasa pahit yang terdapat pada pare bisa anda kurangi.  Ada cara khusus bagaimana cara untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Untuk menghilangkan rasa pahit rasanya tidak mungkin, karena ciri khas dari pare itu ya rasanya pahit. Langsung saja, bagaimana cara atau tips mengurangi rasa pahit pada pare, simak tips-nya sebagai berikut :

1. Lempengan Tanah Liat
Maksudnya yaitu dengan cara merebus buah pare dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya sudah dikeringkan. Untuk mendapatkan lempengan tanah liat bisa anda mencarinya di pasar, karena banyak di jual di pasar-pasar tradisional.

2. Bumbu Masak
Yaitu mengolah buah pare dengan beberapa variasi bumbu yang kaya. Sehingga menjadikan hidangan pare yang sangat enak dan lezat. Seperti penggunaan bumbu kacang, penambahan ikan teri, udang segar, dan kombinasi bawang bombay pada olahan pare anda.

3. Garam
Caranya yaitu rebus pare dengan air yang sudah ditambahkan dengan garam. Rebus sampai pare setengah empuk, lalu tiriskan. Cara lainnya yaitu dengan membelah pare menjadi dua bagian, lalu buang bijinya dan selaput putihnya, kemudian iris tipis buah pare, lalu tambahkan garam, remas-remas, diamkan selama 15 menit, cuci pare dengan air bersih. Dan pare siap untuk anda olah sesuai selera.

4. Gula Pasir
Tidak berbeda jauh caranya dengan menggunakan garam, hanya mengganti garam dengan gula pasir. Dengan meremas buah pare, ini membantu mengeluarkan cairan penyebab pahit yang ada dalam buah pare, sehingga akan mengurangi rasa pahit pada pare.

5. Daun Jambu Biji
Caranya yaitu buah pare di rebus dengan daun jambu biji. Remas daun jambu biji sebelum di rebus. Rebus buah pare dalam air yang mendidih selama 5 menit, hingga setengah matang. 10 lembar daun untuk 1/2 kg buah pare.

Bagaimana, sudah tidak ragu lagi kan untuk mengolah buah pare ini di rumah? mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali. Itulah sedikit berbagi tips cara menghilangkan pahit pada pare yang bisa admin sajikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments